Wednesday, February 13, 2013

Sugar Glider Day 3

ATTENTION :
Beberapa istilah-istilah di bawah ini sudah dengan jelas saya paparkan pada postingan sebelumnya, sehingga ada baiknya membaca postingan saya dari awal agar mengerti maksud dari istilah dan alur cerita saya dalam pemeliharaan Sugar Glider. Link untuk postingan sebelumnya : http://azulzula.blogspot.com/2013/02/sugar-glider-day-1-2.html . Terimakasih.

#         #          #

DAY - 3
hari ini merupakan hari ke-tiga untuk saya memelihara Sugar Glider (SG). pukul 9-10, saya membangunkan GEGE dan BABY untuk diberikan sarapan -HANDFEED. dengan bubur sun pisang -lagi. dan terjadi keanehan, gege  yang biasa melahap habis, menunjukkan penolakan tidak mau makan. hal yang terpikirkan oleh saya adalah, pertama Gege sedang GALAU, atau ia bosan dengan menu buburnya ?. oke, saya mencoba mengakali bubur sun pisang tersebut saya campurkan dengan madu dan berhasil ! Gege menunjukkan sikap 'doyan' sampai saya kelimpungan karena Gege tidak berhenti meminta lagii dan lagii. eitss, tpi jangan kebablasan, karena SG akan cepat mati jika mengidap Obesitas alias kegemukan.

TIPS & TRICK . 3 :
jangan pernah memberikan SG, bubur yang mengandung bawang -bawang putih untuk bumbu. biji-bijian, keju, makanan kucing/anjing, makanan kaleng, buak kalengan, coklat, kacang-kacangan, gula halus, garam, dst.

next, handfeed Baby, sebelum merangkak ke tangan yang sudah saya lumuri bubur sun -pada jari telunjuk. Baby melakukan Crabbing.. jelas saya acuhkan. saya sodorkan telunjuk tangan saya dan perlahan Baby mulai menikmati makanannyaa. dengan pelan dan perlahan saya mencoba mencari kesempatan membelai leher belakangnya, sesekali Baby melakukan crabbing namun kemudian Baby mulai menunjukkan sikap tenang -sambil menikmati makanannya.

setelah proses pemberian makan selesai, saya memulai tahapan Bonding selanjutnya, yaitu mencoba membuat mereka terbiasa dengan tangan saya dan memberikan mereka sinyal bahwa saya ada untuk melindungi mereka. dengan cara sebagai berikut :
1. pancing SG ke dalam lingkup telapak tangan anda.
2. perlahan, selimuti mereka dengan tangan kita yang lain -mendekap/kekep mereka seperti tangan kita adalah tempat bersembunyi mereka.
3. diamkan sampai SG menunjukkan  sikap tenang.

kenapa perlu dilakukan ? karena hal ini dapat membuat mereka terbiasa dengan bau tangan kita dan merasa nyaman dalam genggaman tangan kita. lakukan secara berkala, maka dengan begitu kita sudah mengalami kemajuan dalam proses bonding SG.

TIPS & TRICK . 4 :
apabila SG melakukan penolakan, jangan panik atau memaksa mereka agar masuk dalam genggaman kita, sabar sajaa, mainkan dengan kedua tangan kita. bila SG merasa anda sudah bukan ancaman, SG pun akan dengan tenang mengikuti instruksi anda untuk diam dalam dekapan kedua tangan andaa. 
 
pertama Gege tidak mau saya dekap, yang ada dia jalan-jalan di pergelangan tangan saya. Baby menunjukkan ketenangan saat saya mencoba mendekapnya, walaupun tidak begitu lama ketenangan itu bertahan..

jam 9-10 malam, waktu pemberian makan malam, saya menggunakan menu bubur sun pisang dicampur dengan madu. tidak ada perubahan signifikan baik dalam proses dan  porsi makan antara Gege yang tergolong banyak, dan Baby yang tergolong sedikit.

selesai handfeed, saya mencoba kembali jurus dekapan/kekepan kedua tangan saya, dan alhamdulillah, mengalami kemajuan ! Gege sesekali menonjolkan kepala di rongga jemari antara jempol dan telujuk saya, sedangkan Baby tertidur pulas dalam dekapan tangan saya.. :)

next saya pidahkan mereka ke dalam pouch dan mereka-pun tertidur.. tidak lupa saya mengganti pakaian yang kemarinnya saya lampirkan, dengan baju yang setelah seharian ini saya gunakan. hihihi

No comments:

Post a Comment